Meski Sering di Cap Ribet, Ini Manfaat Catatan Keuangan Pribadi

Catatan keuangan sangat penting untuk dibuat. Bukan bermaksud untuk menjadi orang yang pelit atau perhitungan, tetapi dengan adanya catatan keuangan, pemasukan dan pengeluaran pribadi akan sesuai. Anda pun tak perlu lagi bertanya terhadap diri sendiri, uang habis untuk apa? Padahal, Anda merasa tidak membeli apa apa. Makanya, apabila Anda masih ragu untuk membuat catatan keuangan pribadi, tak ada salahnya Anda mengetahui manfaatnya supaya Anda menyampingkan kata ribet.



Sebelum Anda mengetahui manfaat dari catatan keuangan tak ada salahnya Anda mengerti dulu tentang arus kas masuk dan arus kas keluar. Arus kas masuk adalah sesuatu yang bisa menghasilkan uang seperti gaji, uang di rekening, saham, aset rumah, aset kendaraan dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan arus kas keluar adalah segala sesuatu yang membuat Anda harus mengeluarkan uang. Misalnya: belanja bulanan, tagihan air, tagihan listrik, makan, sewa rumah dan lain lain. Setelah Anda memahami istilah tersebut,  maka Anda tak akan salah saat membuat catatan keuangan pribadi.

Mengontrol Penggunaan Uang

Ketika Anda memiliki catatan keuangan, walau mungkin bentuknya tak seformal catatan keuangan yang ada dalam lembaga lembaga formal, setidaknya Anda tahu kemana saja uang Anda keluarkan. Setiap bulannya pun Anda jadi tahu, kebutuhan kebutuhan apa saja yang membuat uang cepat ludes. Dengan Anda tahu penggunaan uang, Anda pastinya akan lebih sadar diri dalam menggunakan uang. Misalkan, ketika akhir bulan masih lama dan Anda melihat catatan keuangan, pengeluaran sudah membengkak, Anda pastinya akan segera melakukan cara untuk menghemat biaya supaya Anda jangan sampai kehabisan uang atau berhutang

 Merencanakan Penggunaan Budget

Dengan adanya catatan keuangan, salah satunya Anda bisa merencanakan penggunaan budget untuk beberapa keperluan. Dalam catatan keuangan, arus kas masuk pastinya sudah dituliskan tanpa ada yang terlewat. Minimal uang yang dihasilkan tiap bulannya akan tampak. Ketika Anda mengetahui berapa uang yang masuk, maka Anda bisa merencanakan penggunaan uang. Tentunya, dengan adanya perencanaan budget, tidak ada yang namanya uang nganggur kecuali jika semua kebutuhan sudah tercukupi.

Mengetahui Aset dan Hutang

Meski banyak yang mengatakan bahwa membuat catatan keuangan pribadi hanyalah buang buang waktu saja. Tetapi jika Anda butuh tahu jumlah aset dan hutang yang dimiliki oleh Anda, misalkan ketika Anda mencalonkan diri sebagai pegawai pemerintah, adanya catatan keuangan pribadi akan sangat membantu sekali. Saat Anda ditanya oleh panitia pemilihan, Anda bisa dengan mantap jumlah aset dan hutangnya. Ketika diminta untuk menjelaskan, Anda pun bisa dengan lancar menjawabnya karena dalam catatan keuangan sudah sangat jelas arus kas masuk dan arus kas keluar pribadi sesuai dengan kenyataannya.

Jika Anda merasa butuh tetapi Anda tak bisa meluangkan waktu untuk membuat catatan keuangan pribadi, Anda tak perlu harus sampai menyewa akuntan yang handal. Anda bisa mempercayakan catatan keuangan Anda kepada buku warung.com. Buka warung akan siap menghitungkan segala arus kas masuk dan keluar Anda setiap bulannya. Anda hanya perlu mendownload aplikasi buku warung dan memasang aplikasi tersebut di ponsel atau laptop. Segala catatan keuangan baik yang pribadi sampai catatan keuangan usaha pun bisa diselesaikan dengan baik.

Deskripsi: catatan keuangan pribadi memiliki beberapa manfaat seperti mengontrol keuangan, merencanakan penggunaan budget dan mengetahui aset dan hutang.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Memilih Tas Sekolah Yang Aman Dan Nyaman

Berapa Modal Untuk Mendirikan Warung Kopi Coffee Shop Khusus Pemula

Saat Anda Ingin Traveling Bareng: Tipe Traveler Mana Paling Mendekati Gaya Karaktermu