MENGENAL JENIS SEMEN PORTLAND TERBAIK DI PERUSAHAAN KONSTRUKSI PADA PADI UMKM

Jenis Semen Portland/ordinary Portland cement pertama menurut Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) yang layak digunakan oleh perusahaan konstruksi dan bisa dijadikan referensi ketika ingin membeli semen di PaDi UMKM antara lain : Portland Cement Type I (Ordinary Portland Cement) Semen portland tipe I merupakan jenis semen yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas dan dapat digunakan untuk seluruh aplikasi yang tidak membutuhkan persyaratan khusus. Contohnya, ketika pemilik rumah atau tukang batu yang sedang mengerjakan proyek atau merenovasi rumah tinggal akan membeli semen di toko bangunan, mereka hanya menyebut semen, tanpa menyebut jenis semen apa yang seharusnya digunakan atau cocok dengan lingkungan pemukiman mereka berada. antara lain : bangunan, perumahan, gedung-gedung bertingkat, jembatan, landasan pacu dan jalan raya.



Jenis Semen Portland/ordinary Portland cement kedua menurut Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) yang layak digunakan oleh perusahaan konstruksi dan bisa dijadikan referensi ketika ingin membeli semen di PaDi UMKM antara lain : Portland Cement Type II (Moderate sulfat resistance), Semen Portland Tipe II merupakan semen dengan panas hidrasi sedang atau di bawah semen Portland Tipe I serta tahan terhadap sulfat. Semen ini cocok digunakan untuk daerah yang memiliki cuaca dengan suhu yang cukup tinggi serta pada struktur drainase. Semen Portland tipe II ini disarankan untuk dipakai pada bangunan seperti bendungan, dermaga dan landasan berat yang ditandai adanya kolom-kolom dan dimana proses hidrasi rendah juga merupakan pertimbangan utama.

 Jenis Semen Portland/ordinary Portland cement ketiga menurut Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) yang layak digunakan oleh perusahaan konstruksi dan bisa dijadikan referensi ketika ingin membeli semen di PaDi UMKM antara lain : Portland Cement Type III (High Early Strength Portland Cement), Jenis ini memperoleh kekuatan besar dalam waktu singkat, sehingga dapat digunakan untuk perbaikan bangunan beton yang perlu segera digunakan atau yang acuannya perlu segera dilepas. Selain itu juga dapat dipergunakan pada daerah yang memiliki temperatur rendah, terutama pada daerah yang mempunyai musim dingin. Kegunaan pembuatan Jalan beton, landasan lapangan udara, bangunan tingkat tinggi, bangunan dalam air yang tidak memerlukan ketahanan terhadap sulfat.

 Jenis Semen Portland/ordinary Portland cement keempat menurut Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) yang layak digunakan oleh perusahaan konstruksi dan bisa dijadikan referensi ketika ingin membeli semen di PaDi UMKM antara lain : Portland Cement Type IV (Low Heat Of  Hydration) Tipe semen dengan panas hidrasi rendah. Semen tipe ini digunakan untuk keperluan konstruksi yang memerlukan jumlah dan kenaikan panas harus diminimalkan. Oleh karena itu semen jenis ini akan memperoleh tingkat kuat beton dengan lebih lambat ketimbang Portland tipe I. Tipe semen seperti ini digunakan untuk struktur beton masif seperti dam gravitasi besar yang mana kenaikan temperatur akibat panas yang dihasilkan selama proses curing merupakan faktor kritis. Cocok digunakan untuk daerah yang bersuhu panas.

Jenis Semen Portland/ordinary Portland cement kelima menurut Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) yang layak digunakan oleh perusahaan konstruksi dan bisa dijadikan referensi ketika ingin membeli semen di PaDi UMKM antara lain : Portland Cement Type V (Sulfat Resistance Cement), Semen portland yang dalam penggunaannya memerlukan ketahanan tinggi terhadap sulfat. Cocok digunakan untuk pembuatan beton pada daerah yang tanah dan airnya mempunyai kandungan garam sulfat tinggi. Sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbah pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan,dan pembangkit tenaga nuklir.

Comments

Popular posts from this blog

Berapa Modal Untuk Mendirikan Warung Kopi Coffee Shop Khusus Pemula

Fakta-fakta Tentang Mainan LOL Surprise

Saat Anda Ingin Traveling Bareng: Tipe Traveler Mana Paling Mendekati Gaya Karaktermu